Sabtu, 24 Maret 2012

Latihan Beban Bagi Remaja

   Anda pasti sudah pernah mendengar tentang latihan beban, biasanya hal ini dilakukan di tempat-tempat kebugaran atau biasa disebut Gym.

   Bagi para remaja, khususnya yang masih dalam masa pertumbuhan, mereka enggan untuk melakukan hal tersebut, dikarenakan khawatir tubuh mereka tidak bisa bertambah tinggi karena sering mengangkat beban. Sebenarnya hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena bisa dicegah. 


    Remaja butuh pengetahuan tentang posisi-posisi mengangkat beban mana saja yang tidak boleh dilalkukan, karena dapat menghambat pertumbuhan badan. Seperti mengangkat beban yang terlalu berat dalam posisi berdiri, ataupun berlatih dengan mesin Leg Press dengan beban berlebih, hal itu perlu dihindari karena tulang punggung terlalau besar menerima tekanan, begitu juga dengan kaki, sehingga dapat menghambat pertumbuhan.

     Karena itu, para remaja tidak perlu terlalu khawatir ketika melakukan latihan beban, asalkan tahu apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, latihan beban memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Dan berikut beberapa manfaat latihan beban :


     1. Tubuh Lebih Sehat, Kuat dan Bugar
       
Hal ini tentu yang paling utama, membuat tubuh menjadi lebih sehat. Latihan beban akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, kuat dan bugar,  sehingga kegiatan atau pekerjaan terasa lebih mudah dikerjakan. Tentunya harus diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup.

     2. Jantung Lebih Kuat

Dengan latihan yang teratur, penyakit tidak hanya dapat dicegah, tetapi dapat menguatkan sistem peredaran darah dan jantung. Sehingga terjadinya plak pada pembuluh darah dapat dicegah.

     3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah menjalani latihan yang teratur, otot akan menjadi lebih kencang dan tubuh menjadi proporsional. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berpenampilan.

     4. Mencegah Osteoporosis

Selain menguatkan otot dan jantung, latihan beban juga dapat menguatkan tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis. 

     5. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh. 

Dengan latihan beban, tidak hanya menguatkan otot dan tulang, tetapi juga menguatkan tendon dan ligamen. Koordinasi tubuh pun meningkat,  dengan demikian kecil kemungkinannya untuk jatuh dan melukai diri sendiri. Apabila anda jatuh, anda sudah memiliki komponen-komponen kuat untuk meminimalisir resiko cedera.
      

     Jika ingin tahu lebih lanjut mengnai kebugaran atau posisi-posisi latihan beban, bisa kunjungi :
              DuniaFitnes
              Sixreps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar